Pages

Senin, 27 Agustus 2012

Web Browser


Apa itu web browser ? Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer.
Web Browser berasal dari kata Web dan BrowserBrowser berarti alat mencari sedangkan Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Sehingga Web Browserdapat diartikan sebagai alat untuk mencari kumpulan dokumen yang tersambung satu dengan yang lain.
Dapat pula dikatakan sebuah Web Browser adalah software aplikasi yang dapat membuat user menampilkan dan beriteraksi dengan teks, gambar dan informasi lain yang biasanya diletakkan di halaman web pada Website di orld Wide Web atau di jaringan local. Awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar.
Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia. Browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebahai input dan menjadikan halaman web sebagai output yang informatif.
Teks dan gambar di halaman web dapat berupa hyperlinks ke halaman web lain pada website yang sama atau berbeda. Web browser dapat membatu user dengan cepat dan mudah untuk mengakses informasi yang disediakan pada banyak halaman web di banyak website dengan mengikuti link-link yang ada
Browser-browser yang terkenal yang dapat digunakan pada personal komputer adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, dan Apple Safari. Web browser-web browser paling sering digunakan untuk tipe pengguna HTTP. Walaupun browser umumnya digunakan untuk mengakses World Wide Web, mereka dapat juga digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh web server-web server dalam jaringan pribadi atau mengakses konten di sistem file. Berikut adalah skema dari cara kerja web browser.
Web browser bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web.
Web browser yang populer adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Chrome.
Berikut merupakan perbedaan dari beberapa Web Browser :
Internet Explorer
Ini adalah browser bawaan di Windows apa aja, dan paling umum digunakan karena kita tidak lagi memikirkan cara setting dan instal-nya. Internet Explorer sangat lamban dalam mengakses internet dan sangat rentan terhadap serangan virus online.
Mozilla Firefox
Browser ini adalah open source, mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan dan mudah di kostumisasi dengan banyak Add-On yang bisa di download terpisah. Firefox tergolong browser cepat namun sayangnya karena ini open source, maka jelas semua orang tahu kode dari browser ini sehingga banyak virus-virus online mengenali signature dari web browser ini.
Opera

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
WELCOME TO MY BLOG! adiwenolatu.blogspot.com